Minggu, 01 April 2012

VISI, MISI, STRATEGI dan TUJUAN SEKOLAH

Share this history on :

Visi Sekolah : Membangun siswa yang cerdas, sehat, dan berakhlakul karimah
Misi Sekolah :
  1. Menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan inovatif dengan berlandaskan pada kurikulum nasional dan muatan lokal.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan yang senantiasa berakar pada sistem nilai, adat istiadat, agama dan budaya masyarakat dengan tetap mengikuti perkembangan ipteks.
  3. Memelihara kebersihan lingkungan sekolah.
  4. Meningkatkan prestasi olahraga dan keterampilan lainnya sesuai dengan minat dan bakat siswa.
  5. Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan mengamalkan ajaran agama yang diyakininya.
Strategi
    1. Optimalisasi bidang kurikulum
    • Mengkaji, menganalisa, mengembangkan standar isi dan standar kompetensi lulusan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SDN Pacet 2
    • Menyusun dan mengembangkan Kurikulum Muatan Lokal (MULOK) Basa Sunda dan Bahasa Inggris.
         2. Optimalisasi / Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (Guru, Siswa, dan Tenaga Kependidikan lainnya).
         3. Optimalisasi fungsi sarana dan prasarana (pengadaan, pemeliharaan, pemanfaatan).
         4. Optimalisasi partisipasi masyarakat ;
    • Mengoptimalkan peran dan fungsi Komite Sekolah.
    • Membentuk organisasi orang tua siswa di tiap kelas dengan membentuk gugus tugas kelas.
    Tujuan Sekolah
    1. Membekali siswa dengan kemampuan dasar membaca, menulis, dan berhitung sesuai dengan tingkat kompetensi dan standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan guna melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
    2. Membekali siswa supaya memiliki kemampuan dasar agama dan akhlaq mulia, kewarganegaraan, kepribadian, dan budi pekerti, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, dan sportifitas.
    3. Memberikan wawasan pengetahuan tentang lingkungan sekitar agar siswa memiliki kecintaan pada nilai-nilai budaya, adat istiadat masyarakat di daerah tempat tinggalnya dengan tetap mengikuti perkembangan ipteks.
    4. Mengembangkan potensi, minat, dan bakat siswa sehingga siswa dapat mengoptimalkan segala kelebihannya untuk bekal hidup.
    5. Mengembangkan kemampuan IQ, EQ, SQ.